Kamis, 28 Juli 2011

Dispute PAYPAL

dikutip dari forum Onbux

Quote:
smartworker said:
Dispute adalah meminta (refund) dana yang kita bayarkan sewaktu belanja online atau sewa RR / upgrade di PTC, dan sesuatu yg kita pesan tersebut, apakah barang yg kita terima kondisinya rusak / tdk sesuai dgn spesifikasinya, atau PTC menjadi scam, dll. intinya anda kecewa dgn produknya, Anda bisa mengajukan dispute, dgn meminta dana kembali. tp transaksi yg di dispute tdk boleh lebih dari 40 hari sejak tgl transaksi, jika lewat 40 hari, dispute tdk bisa dilakukan.
dan harus di ingat tdk semua dispute akan di menangkan oleh si pembeli.



Berikut adalah langkah - langkah Melakukan Dispute di Paypal.

Langkah 1

Login ke akun paypal Anda, link loginnya disini : https://www.paypal.com/id (pilihan bahasa Indonesia ada di pojok kanan atas)

This image has been resized. Click this bar to view the image in full size.


Langkah ke 2

Setelah masuk ke akun anda, cari arsip pembayaran yang akan di dispute dengan mengklik tombol "Payment Sent / Pembayaran yang dikirim"

This image has been resized. Click this bar to view the image in full size.


Kemudian klik tombol "Detail" or "Perincian" untuk melihat detail transaksi

This image has been resized. Click this bar to view the image in full size.


Langkah ke 3

Setelah Detailnya terbuka, lihat bagian paling bawah trus klik tombol "Pusat Penyelesaian" or "Resolution Center or Click here to resolve"

This image has been resized. Click this bar to view the image in full size.


Langkah ke 4

Anda akan di bawa kehalaman baru, pilih Opsi : "Barang Sengketa" or "Dispute Item" lalu klik tombol "lanjutkan" or "Continue".

This image has been resized. Click this bar to view the image in full size.


Langkah ke 5

Kemudian anda di bawa ke halaman baru, pilih opsi : "I Haven't received my item" lalu klik tombol "Continue"

This image has been resized. Click this bar to view the image in full size.


Langkah ke 6

Lalu anda akan di bawa ke halaman baru, pilih opsi : "Computer Hardware/Software"

kemudian ketik tuntutan anda di bagian compose message to seller, tulis tuntutan dalam bahasa indonesia kemudian translate menggunakan Google Translate, kemudian klik tombol "Continue"

This image has been resized. Click this bar to view the image in full size.


Selesai

This image has been resized. Click this bar to view the image in full size.


Setelah menyelesaikan langkah di atas, anda wajib login di akun paypal minimal satu kali setiap 24 jam untuk melihat perkembangan kasus anda. dan biasanya akan ada pemberitahuan setiap anda masuk ke akun paypal jika ada perkembangan kasus Anda. terkadang pemberitahuan lewat email juga ada tetapi tidak selalu. Anda harus menklik tombol "Buka Pusat Penyelesaian" or tombol "Sengketa Terbuka" untuk melihat statusnya

Jika sudah di klik, anda akan di bawa ke halaman Resolution Center. Anda tinggal mengklik tombol "view" pada setiap transaksi sengketa untuk saling menanggapi satu sama lain, jika lebih dari sehari pihak lawan tidak membantah tuduhan anda, anda berhak untuk meningkatkan kasus menjadi Klaim. begitu juga dengan lawan anda jika anda tidak menjawab sanggahan dia lebih dari 24 jam, dia berhak juga untuk meng klaim. jadi, Anda harus masuk ke akun dan melihat tanggapan lawan anda minimal sekali sehari

This image has been resized. Click this bar to view the image in full size.


Tambahan :

Jika sudah banyak member yang Disput ke satu akun, misalnya akun Admin PTC, maka biasanya pihak paypal langsung otomatis meminta anda untuk meningkatkan kasus anda ke klaim or Anda sendiri meningkatkan kasus anda menuju Claim jika tidak ada tanggapan lebih dari 1 X 24 Jam

Saat Meningkatkan kasus (Escalate) agan bisa memilih opsi : "I already tried to reach resolution with the seller prior to opening this disput" trus kasih tanda centang di tulisan "I'll provide truthful Information to help Paypal resolve this case as quickly as possible"

Kemudian di bagian Isian, tulislah alasan kenapa anda melakukan eskalasi kasus, setelah itu klik tombol "Escalate to claim"

This image has been resized. Click this bar to view the image in full size.


kemudian tunggulah pihak paypal menyelesaikan kasus anda.

screenshot setelah eskalasi kasus jika di view detailnya.

This image has been resized. Click this bar to view the image in full size.


Selamat mencoba, semoga tutorial ini membantu anda yang belum pernah melakukan dispute via paypal.

author by kingramli
edit by smartworker

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons